Tuesday, September 22, 2015

JENIS - JENIS BAHAN FASHION (5)

SHANTUNG
Adalah bahan yang mirip dengan sutra, namun lebih berat dan teksturnya hampir seperti dilapisi karet. Kain Shantung Korea adalah Kain yang banyak digunakan untuk produk fashion karena harganya yang murah dan terjangkau. Kain ini agak berserat dan dalam kain licin seperti bahan satin. Kain ini mudah didapat dan banyak warna pilihan.





SUTERA/SILK
Kain sutra merupakan jenis kain yang paling diminati oleh banyak kaum wanita. Terbuat dari kepompong larva ulat sutra yang diternakkan di peternakan ulat sutra Murbei. Tekstur bahan ini sangat lembut, mulus dan tidak licin. Kain sutra mudah robek namun dapat menyerap sedikit air/keringat.Sutra bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin. Bahan ini juga menyerap air dan mudah sobek. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membolehkan kain sutra membiaskan cahaya pada pelbagai sudut.

Beberapa jenis kain Sutra, antara lain adalah :

CHIFFON SILK/ SIFONE
Sutra transparan yang sangat kuat dan bagus, cukup sulit handlingnya. Biasanya digunakan untuk pakaian acara tertentu dan over-blouse.


CREPE DE CHINE/KAIN KREP
Bahan yang beratnya medium dengan bentuk permukaan kainnya yang gampang kusut.


SILK TAFFETA
Kain Silk Tafeta adalah Kain yang banyak digunakan untuk pembuatan Gaun Pesta, Jas, gorden dll. Kain ini karakteristiknya mengkilat dan kaku sehingga terkesan mewah jika dipakai, apalagi dipercantik dengan bordiran atau sulam. Pilihan warna dari silk taffeta ini banyak sekali, bahkan ada yang bunglon/two-tone sehingga warna yang timbul beriak-riak lebih dari satu warna. Kain silk taffeta ini ada juga yang berbahan stretch/lentur. Soal harga, silk taffeta juga bisa dibilang murah. Sekilas bahan ini mirip dengan shantung, tetapi taffeta lebih lembut dan tebal daripada shantung.


RAW SILK
Karakteristik dari kain rawsilk ini mengkilat karena 100% sutra, dengan tekstur yang tidak rata/berserat (seperti cacat produksi, ada benang yang keluar dari tenunan, padahal itulah ciri khasnya), berkesan mewah dan nyaman dipakai. Pilihan warnanyapun juga beragam dari mulai warna yang tajam sampai warna yang lembut. Kain ini banyak sekali macamnya di pasaran, ada yang asli, kw 1, kw 2, dst. Yang paling bagus dan mahal tentu saja yang asli. Kain Raw silk ini harus extra perawatannya karena bahannya yang 100% sutra, jadi mencucinya jangan memakai detergent, dianjurkan cukup memakai shampo dan dijemur dengan diangin-angin supaya warnanya tetap bagus dan tahan lama.
 

THAI SILK
Kain Thai silk adalah Kain sutera Thailand yang tipis dan lembut, dan enak dipakai. Karakteristik dari kain thai silk ini mengkilat dan tidak kaku sehingga nyaman dipakai dan berkesan mewah, pilihan warnanya juga beragam.



DUPION SILK, HAND-WOVEN
Kain Dupion Silk adalah kain yang disebut semi raw silk karena teksturnya hampir mirip dengan kain rawsilk. Teksturnya berserat seperti ada benang yang keluar dari tenunan, hanya agak kusut dan tipis.

DUPIONI SILK
Karakteristik dari kain Dupioni silk ini lebih tebal dari dupion silk dengan tekstur dan corak seperti hujan gerimis, harganya lebih mahal dari dupion silk namun lebih nyaman jika dipakai.

NEP SILK
Kain Sutera yang lemas, adem dan nyaman bila dipakai. Kain ini banyak warnanya terutama warna pastel. Karakteristik dari kain nep silk ini tipis seperti chiffone, hanya saja bercorak dan bertekstur garis-garis.



SHIMMER SILK
Kain Sutera lembut bergllitter beda dengan Shimmer yang ada dipasaran. Kain ini jumlahnya terbatas. Bahan lembut dan adem, tidak panas bila dipakai.

GEORGETTE SILK
Georgette adalah sutra crepe yang tipis, lebih berat dari chiffon dan permukaannya berkerut. Biasa digunakan untuk loose-fitting overshirt dan busana untuk acara tertentu.



HABUTAI SILK
Habotai silk ringan, mengkilat, halus dan sangat lembut. Kata ‘habotai’ dalam bahasa Jepang artinya lembut bagaikan bulu. Bahan ini juga biasa digunakan untuk media melukis.

MATKA SILK
Bahan sutra yang tidak terlihat seperti sutra pada umumnya, karena coraknya seperti kain linen. Biasa digunakan untuk jaket, dress dan celana.

JACQUARD SILK
Dibuat dengan metode tenun yang rumit, untuk menghasilkan desain kompleks pada tekstil. Jacquard menghasilkan kombinasi cantik antara mengilat dan matte.

 KNIT SILK
Knit silk, sutra jenis jersey yang licin-halus, cocok untuk busana yang ringan atau bertumpuk.

CHARMEUSE SILK
Charmeuse silk dikenal sebagai sutra raja-raja, mengilat dan sangat halus, sinarnya elegan dan jatuhnya cantik di tubuh.

NOIL SILK
Nail silk kadang-kadang disebut sutra mentah, karena benangnya tidak diproses sebagaimana sutra lainnya dan teksurnya mirip flannel.




SATIN
Kain ini permukaannya rata dan licin, berkilau karena sifatnya yang bisa memantulkan cahaya, dan bagian belakangnya suram. Tenunan rapat namun kurang kuat karena floatnya panjang sehingga mudah putus jika di tarik, ketahanan gosoknya rendah. Kain jenis ini digunakan untuk pembuatan gaun-gaun, celana atlet, tas genggam (clutch), kain pelapis/puring, kain penghias rumah dan lainnya.

Berikut adalah macam-macam jenis satin :

SATIN DUCHESSE
Kain satin “terberat” dan mahal, biasanya digunakan secara exclusive untuk busana acara tertentu dan sangat disukai sebagai bahan gaun pengantin. Satin ini agak berat, kaku dan mengilap di sisi luarnya saja.

SATIN FACONNE ATAU SATIN JACQUARD
Jenis satin berpola. bisa saja  bergaris-garis, bermotif paisley, atau desain lainnya. Satin ini muncul dalam beraneka berat dan kualitas, tapi cenderung lebih lembut dan lentur ketimbang duchesse.

SATIN DELUSTERED / PEAU DE SOIE (KULIT SUTRA),
Adalah satin yang ringan. Satin ini tidak memiliki kilau yang biasa diasosiasikan dengan satin, kilauannya suram saja. kelebihannya, ia tidak memiliki sisi baik dan buruk, jadi bisa digunakan sisi yang mana saja.

SATIN DAMASK
Adalah satin sutra dengan desain floral yang rumit. Seringkali berhiaskan pola timbul dari bahan beludru yang muncul di atas dasar satin


SATIN CLOTH
Adalah bahan wol Prancic yang dibuat dengan tenunan ala satin, dan memiliki sisi luar yang halus. Kain yang beraneka warna ini biasa digunakan untuk gaun wanita, kuat lagi awet. lebarnya hanya sekitar 70 sentimeter, dan dikenal juga dengan nama Prancis, satin de laine.




TWEED
Bahan tweed adalah wol yang setengah jadi. Diproses tidak sampai halus, sehingga permukaannya agak sedikit kasar. Biasanya rok atau celana panjang yang memakai bahan tweed menggunakan bahan pelapis di dalamnya, supaya kulit tidak gatal jika tergesek. Pola tenun tweed biasanya berbentuk seperti huruf  V yang berjajar (herringbone). Bahan ini asalnya dari Inggris, yang digunakan keluarga kerajaan untuk kegiatan di luar, seperti berburu.

AKRILIT (ACRYLIC)
Secara umum kain acrylic memiliki sifat yang sangat mirip dengan kain wol. Pada umumnya serat ini juga bisa digunakan untuk membuat kain tiruan katun. Kain dan garmen dari bahan acrylic memiliki karakteristik yang lembut dan ringan sehingga lebih mudah kering jika dibandingkan dengan serat sintetik lainnya. Kain ini juga mampu menahan panas tubuh tanpa meninggalkan rasa gatal di kulit.  Kekurangan dari bahan ini adalah kenyamanan dalam pemakaian. Meskipun seratnya tidak mampu menyerap air namun terasa lembab bila digunakan.

RAJUT (KNIT)
Rajut sebenarnya adalah proses pembuatan dari benang menjadi kain. Pakaian berbahan rajut umumnya menggunakan benang yang lebih besar sehingga hasilnya terlihat lebih kasar dibandingkan bahan lainnya. Rajut sangat berguna untuk menghalau dingin. Jika dipakai akan terasa hangat karena biasanya benang yang digunakan dari bahan sintetik & tebal.


LEATHER & SUEDE (BAHAN KULIT)
Pasti keduanya sudah sangat familiar di telinga, bukan tidak mungkin, mulai dari dari celana, tas sampai sepatu pun terbuat dari bahan tersebut. Dua-duanya sebenarnya sama-sama terbuat dari kulit. Hanya saja, leather dibuat dari kulit luar, sementara suede dibuat dari bagian kulit dalam. Untuk dua bahan ini, diperlukan teknik perawatan khusus untuk membersihkannya. Untuk leather, pilih yang tidak mengkilap untuk kesan mahal dan elegan. Mengkilap malahan berkesan murahan.
Untuk bahan kulit ini biasanya dibedakan berdasarkan bagian tubuh dari hewan tersebut, yaitu bagian pungung, leher, bahu, perut bawah dan paha. Bagian tubuh yang paling mahal adalah bagian punggung karena memiliki kualitas kulit tebal dan halus yang baik dibandingkan bagian tubuh lainnya yang tipis dan melar.
Jika anda sedang memilih jaket kulit, pastikan bahwa semua bagian dari jaket tersebut menggunakan bagian punggung binatang agar mendapatkan kualitas kulit yang maksimal karena ada pula jaket kulit yang pada bagian tubuh menggunakan kulit yang baik tapi pada bagian lengan jaket menggunakan kualitas kulit yang berbeda. Jadi, pintar-pintar lah memilih jaket kulit, khususnya untuk jaket kulit asli (bukan sintesis) karena harga nya cukup mahal dan sayang jika anda mengeluarkan uang banyak dan mendapatkan jaket yang tidak maksimal.




DENIM
Denim merupakan bahan yg kokoh terbuat dari katun twill. Warna biru dari denim merupakan hasil dye (pencelupan) dari tanaman indigo yang telah dipergunakan sejak 2500 tahun sebelum masehi. Bahan ini sering dipakai untuk membuat pakaian Jeans. Bahan denim biasanya dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

Denim chambray/ katun denim (good quality): katun yg tampak fisik seperti jeans, halus, licin.

Denim rayon (good quality): katun campuran rayon, terlihat seperti jeans, licin, mengkilap, jatuh.


Jeans wash (medium quality): soft jeans/lembut, tingkat ketebalan sedang-tebal, tdk kaku, belel (karena sudah proses pencucian pada saat produksi).


Real jeans (hiqh quality): jeans asli, kaku, tebal, berat.



Jeans Strech (medium-high quality). Bahan tebal dan melar.

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. numpang promo kalau cari kain sutra / silk import bisa hubungi kami

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat artikelnya mbak, kalo ada yg nanya kain ini seperti apa? saya minta aja untuk buka artikel ini...top banget deh,,sbelumnya knalin ya saya mozza, saya jual busana muslim..bs klik baju gamis pesta

    ReplyDelete