Tuesday, September 1, 2015

JENIS - JENIS BAHAN FASHION (2)

JERSEY
Jersey sedang diminati saat ini karena bahannya yang cenderung nyaman, menyerap keringat dan jatuh saat dikenakan. Bahan jersey memiliki tekstur yang ringan, lembut, super melar, dingin dan tidak berbulu.
Untuk bahan satu ini, agar jatuhnya enak dan terlihat oke melekat di lekuk tubuh, pilih yang bahannya agak berat. Untuk menghindari kesan pakaian melekat ketat yang tidak enak dilihat, sebaiknya pilih satu ukuran lebih besar.


COTTON JERSEY
Bahan ini merupakan campuran serat spandex dan benang katun. Kombinasi bahan ini menghasilkan bahan yang dingin, lembut, elastis dan nyaman saat dikenakan. Jenis jersey ini berbeda dengan jersey spandek. Cotton jersey sedikit lebih kaku dan mirip seperti kaos combat.



SPANDEX JERSEY
Spandek Jersey merupakan Perpaduan dari serat spandex yang memiliki tingkat kelenturan tinggi dan juga rayon yang memiliki karakteristik benang yang menyerap panas serta benang dari serat bambu yang ringan. Kain ini sedikit mengkilap, tidak  kusut, elastis, halus, adem, menyerap keringat dan juga lembut.



LYCRA
Lycra atau disebut juga bahan spandex sebenarnya hanya merupakan zat campuran untuk pakaian lainnya, karena kandungannya hanya beberapa persen saja. Tapi bahan pakaian yang terbuat dari unsure lycra akan lebih tahan lama kerapiannya dan akan membentuk lapisan depan yang lebih mengkilap. Lycra mirip dengan bahan spandex dan paling banyak digunakan untuk pembuatan maxi dress /terusan wanita. Karana Sifatnya yang mengikuti bentuk tubuh (elastis) dan nyaman tidak terlalu tebal sering dipakai pula untuk pakaian senam.


RAYON
Kain rayon merupakan campuran antara bahan cotton dengan rayon viscosa (RVC) yang berbahan dasar kayu sehingga merupakan konduktor panas yang baik. Bahan rayon memiliki efek mengkilap & mudah menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk musin panas. Jenis kain ini umumnya digunakan untuk pembuatan kemeja. Jika Anda mencuci pakaian berbahan dasar rayon, sebaiknya cuci dengan air hangat & tidak perlu dikucek.


SPANDEX
Spandek merupakan serat sintetis yang tidak bisa terbentuk sendiri, tapi harus digabungkan dengan serat yang lainnya seperti polyester ataupun katun. Bahan ini seperti karet mempunyai elastisitas yang super, bisa meregang 5-7 kali panjang sebenarnya. Pada tahun 1959 Du Pont menciptakan spandek jenis baru yang diberi nama Lycra. Sejak saat itu banyak yang mengembangkan spandek menjadi beberapa jenis. Seperti katun spandek, spandek rayon, spandek super, spandek korea, spandek jersey dan lainnya.


Spandex Rayon
Spandex rayon adalah kain yang merupakan campuran dari serat spandex dan rayon. Rayon sendiri sering disebut dengan Linen, yang teksturnya mirip dengan cotton, tapi lebih lembut, tidak berbulu, elastis, tidak mengkilat, dingin dan menyerap keringat. Dibanding dengan Kaos Rayon, bahan ini lebih tebal, tapi kelemahannya bahan ini mudah kusut.
Bahan Spandek rayon punya karakteristik elastis/melar, adem, menyerap keringat dan sangat nyaman pakai.

Super Rayon Guard
Nah, super rayon guard ini adalah salah satu jenis kain kaos peranakan dari spandek. Super rayon guard ini adalah spandek rayon jenis baru dengan karakteristik lentur, bisa melar sampai 10x lipat dari ukuran semula, ringan, adem, dan awet. Tapi ingat, seperti semua jenis kain spandex, dalam perawatannya sebaiknya kain tidak dicuci dengan dikucek terlalu kuat. Agar tetap awet dan tidak merusak struktur benangnya..


Spandex PE/spandex/kaos bangkok. (low-good quality)
Bahan ini mirip kaos tapi lebih tipis, melar, sedikit kasar, kurang menyerap keringat/panas, sehingga untuk bahan baju yang terbuat dari spandek PE harganya cenderung murah. Untuk baju Branded, jarang sekali menggunakan bahan spandek PE ini.

Spandex Korea
Spandek Korea atau disebut juga ITY spandek, kependekan dari Interlocked Twisted Yarn. Karakter kain ini mirip dengan jersey. Melar, halus, lembut, mengkilap,  dingin, jatuh dan juga lebih berat daripada spandek rayon maupun spandek jersey.


Spandex Sutra
Bahan mirip dengan jersey. Perbedaannya jersey lebih high quality dan tebal di bandingkan dengan spandex sutra. Spandek sutra menggunakan benang utama dari polyester dengan campuran serat spandek. Kain ini memiliki kemampuan meregang yang sangat baik, sangat lentur. Kain ini agak mengkilap, ringan, dan mudah melepas panas. Biasanya makin banyak kandungan polyesternya, makin panas dipakainya dan makin sulit meregang. Kain ini tidak mudah rusak seratnya sehingga aman untuk dicuci dengan detergen dalam waktu lama.



Spandex Denim
Spandek denim merupakam perpaduan dari bahan denim dengan spandek yang akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang kalau dilihat seperti denim tapi stretch alias bisa melar.




No comments:

Post a Comment