Tuesday, September 15, 2015

JENIS - JENIS BAHAN FASHION (4)

BRUKAT (BROCADE)
Brokat berbeda dengan renda atau yang biasa di kenal lace, bukan juga embroidery. Brokat ini adalah jenis kain yang biasanya penuh dengan dekorasi dan juga sering menggunakan bahan sutra yang berwarna-warni, brokat ini ada yang menggunakan benang emas, perak tetapi ada juga yang tidak. Brokat sering kali menampilkan pola-pola yang rumit, mungkin dengan pola rumit dan unik seperti itulah yang membuat brokat sebagai salah satu jenis kain yang berkelas dan harga nya cukup bervariasi tergantung kerumitan design dari brokat itu sendiri, karena brokat ini sering juga di sebut sebagai tenun sulam.
Brokat merupakan salah satu bahan yang paling popular untuk busana pengantin, khusus nya desain-desain mewah ala Victoria. Karena brokat merupakan kain yang ideal untuk membuat sebuah busana yang berkelas dan sophisticated, cukup dengan memakai gaun dari brokat yang cantik saja bisa merubah penampilan seseorang dan bisa menjadi pusat perhatian. Kain Brokat menjadi favorit para designer untuk mengekspresikan karya nya di dunia fashion, Brokat tidak hanya cocok untuk gaun pengantin atau gaun malam saja tetapi juga cantik untuk di buat semi-formal.


Berikut ini merupakan jenis brokat yang menarik :

Brokat Varanasi
Adalah Brokat yang dikenal dengan sebutan kinkhab atau kamkhwab. Kedua sebutan tersebut memiliki arti ’kain emas yang jarang dilihat meski dalam mimpi sekalipun’. Brokat ini merupakan tenunan sutra berwarna dan benang emas, yang menampilkan desain-desain flora yang sangat atraktif. Kehalusan tekstur, warna yang ‘hidup’, dan tembus pandang, itulah ciri-ciri tenunan sutra dari India. Varanasi, pusat tenun, bukan hanya terkenal dengan brokat kinkab-nya tapi juga berkat variasi teknik dan jenisnya yang beragam. Brokat-brokat ini dikenal dengan nama-nama puitis seperti ’chand tara’ (bulan dan bintang), ’bulbul chasm’ (mata burung bulbul), ’dhupchhaon’ (sinar matahari dan bayangan), ’mazchar’ (riak air sungai), dan lain-lain. Selain Varanasi, pusat pembuatan kain brokat di India yang terkenal ke seluruh dunia adalah Ahmedabad dan Surat.

Brokat Awan Nanking.
Brokat ini adalah satu dari tiga brokat paling terkenal di China. Desainnya yang anggun dan halus, dengan warna-warni yang indah, benar-benar mirip awan di langit, sehingga pantaslah bila disebut juga sebagai ‘Yunjin’ (brokat awan). Awal mula brokat ini bisa dirunut sampai ke masa 1500 tahun lampau. Dulunya brokat ini hanya dipakai oleh kaisar dan anggota keluarga kaisar pada dinasti Yuan, Ming, dan Qing. Pada masa dinasti Qing, barulah brokat bermotif awan Nanking meluas pemakaiannya dan berkembang pesat.


Brokat Syria.
Brokat Syria buatan tangan telah tersohor selama berabad-abad, dibuat dari sutra berkualitas. Oleh bangsa Arab disebut ‘brokard’, nama yang berasal dari bahasa kuno ketika ‘brokard’ memiliki arti ‘karya Brahim’. Memang dipercaya bahwa pendeta Brahim mengembangkan sutra halus pada masa Sebelum Masehi. Sayangnya, saat ini hanya tinggal dua pabrik yang masih membuat kain ini. Hasilnya adalah brokat sutra yang oleh pemiliknya diklaim lebih superior dari produk sejenis mana pun, dan dipesan oleh pelanggan VVIP, termasuk Vatikan, dan para desainer top dunia. 



LACE
Lace adalah bahan yang memberikan kesan feminine, lace ini bahan nya seperti jaring dan elastis maka ketika di pakai bisa memberikan siluet tubuh yang seksi dan cantik. Bahan lace ini juga dulu sempat di populerkan oleh Ratu Victoria pada abad 19, lalu pada abad 20 bahan lace sempat turun popularitas nya dan jarang di minati karena lace di anggap kuno.
Namun di Abad 21 sekarang ini lace menjadi sangat popular dan menjadi salah satu bahan favorite di dunia fashion, lace tidak hanya di aplikasi kan untuk membuat pakaian saja tapi juga untuk furniture, benda dekoratif, perhiasan dan aksesori yang memberikan kesan mewah dan elegant. Lace termasuk bahan favorite para designer untuk merancang gaun pengantin, karena designer bisa menciptakan gaun yang cantik, anggun, berkelas dan romantis dari bahan lace.




BRASO
Bahan mirip dengan sifon dan hycon tetapi terlihat lebih mengkilat. Seperti ada glitter di permukannya. Banyak ini digunakan sebagai bahan Baju atau Sari India.



POLYESTER
Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Polyester lebih mirip dengan cotton namun memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan tersebut. Jika dipakai ditempat panas akan terasa panas juga. Sebaliknya jika dipakai ditempat dingin akan terasa dingin juga, namun kainnya tidak sedingin cotton & biasanya lebih keras/kaku. Keunggulannya adalah harganya yang terjangkau/murah, namun kekurangannya adalah kain jenis ini lebih mudah kusut jika dicuci dan mudah luntur untuk bahan berwarna. Semakin banyak dicuci, biasanya semakin berbulu.
Karakteristik dari bahan ini yaitu: Poliester tidak menyerap keringat. Noda minyak dan makanan sulit dihilangkan dari bahan ini. Polyester lebih kuat dan tahan direndam lebih dari 3 jam. Sering dicampur bahan lain seperti viscose, linen dan katun


VOILE
Voile memiliki sifat hampir sama dengan bahan hycon, yaitu sama- sama memiliki sifat halus dan lembut, kain ini sangat cocok digunakan waktu siang hari dan penggunaannya pun harus menggunakan inner, meskipun demikian jenis kain ini memiliki sifat tidak lentur. Kain jenis ini terbuat dari bahan kapas tapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester


ORGANDY
Organdi adalah tenunan beberapa serat.  Bahannya  tipis dan lembut, namun lebih kaku dari kain sifon, sedikit mirip kain taffeta namun lebih tebal. Kain organdi memiliki tekstur yang lembut, berkilau, tapi bisa menahan bentuknya dan cocok untuk menimbulkan efek volume atau puffy. Jenis kain ini sangat tidak menyerap keringat dan lebih kaku dari kain katun. Namun banyak juga yang menjadikan kain organdi sebagai kebaya karena menimbulkan kesan yang tidak kalah mewah dibandingkan dengan kain brokat. Karena kekakuan dan serat isinya, bahan ini sangat rentan terhadap 'tekuk'an.


ORGANZA
Sifat kain ini tipis, lembut dan ringan, namun lebih kaku dari chiffon dan sedikit mirip taffeta. Biasanya terbuat dari berbagai macam serat, antara lain sutera, rayon, nilon, atau polyester. Kain organza juga mempunyai sifat kaku yang terbuat dari sutera berasal dari karet alam yang tetap melekat pada serat setelah diproses. Dalam serat yang dibuat oleh manusia sifat kakunya merupakan hasil rekayasa kimia. Kain organza lebih tebal dari organdi dan biasanya digunakan sebagai ruffle dan gaun pengantin.


SHEER
Bahan sheer atau see-through (tembus pandang) merupakan bahan menerawang menjadi pilihan sejumlah selebritis untuk tampil seksi tapi tidak vulgar. Bahan ini tipis dan lemas, biasa digunakan untuk lapisan luar agar tampilan elegan dan anggun.

TULLE
Adalah jenis bahan gaun yang terbuat dari campuran sutra, rayon dan nilon. Kain ini mempunyai tampilan fisik yang mudah dikenali, karena memiliki ciri khas seperti jaring  dengan permukaan berlubang-lubang kecil bentuk heksagonal. Bila disentuh terasa halus, ringan, tipis, melayang, dan rapuh(mudah sobek bila terjadi perengangan kuat).

VELVET 
Velvet atau beludru telah dianggap sebagai sebuah kemewahan kain. Bertekstur sangat lembut ketika diraba, velvet juga terasa hangat pada tubuh. Lebih banyak helai benang yang dipakai sehingga menciptakan velvet yang tebal, akan menambah tinggi harga jualnya. Apalagi jika ada aplikasi di atasnya seperti brokat atau bordir, harganya akan bertambah mahal.
Velvet pun dapat dibuat di atas bahan yang mengandung karet atau stretch. Stretch velvet ini bisa mengikuti lekuk bentuk tubuh sehingga nyaris sempurna. Dikarenakan dapat mengikuti bentuk tubuh, sehingga banyak busana-busana mewah dan kebaya memakai bahan stretch velvet agar terlihat seksi. Sekarang ini velvet tidak hanya polos saja, tetapi sudah banyak yang bermotif, seperti garis-garis atau kotak-kotak. Bahkan, adapula yang di-embossed dengan motif-motif yang berulir-ulir laiknya motif kerajaan. Jika kita memakai velvet dengan motif embossed berulir-ulir untuk busana kebaya atau pesta, kita dapat menambahkan sedikit saja manik-manik sebagai pelengkap kemewahannya.



LINEN
Bahan linen terbuat dari serat-serat katun atau tumbuhan. Permukaannya sedikit bertekstur dan tergolong bahan yang mahal. Bahannya seperti katun, namun memiliki serat yang lebih kuat, sangat cocok untuk casual wear dan dresses. Sangat rentan terhadap panas. Sehingga, Anda harus berhati-hati jika menyetrikanya. Kain cantik ini berkerut tapi jangan sampai kerutannya malahan menganggu penampilan. Katun linen sangat mudah kusut sehingga, jika Anda bangun dari duduk, rok linen Anda akan meninggalkan bekas tapak duduk. Kain ini mempunyai karakteristik: Bahannya dingin, menyerap keringat dan sangat nyaman dipakai; Mudah Kusut sehingga cara mencuci dan menyetrika butuh perhatian; Sangat halus untuk kulit dan membantu Anda terhindar dari masalah kulit saat musim panas

GABARDINE
Aturan di perusahaan Anda bekerja sangat formal? Mengharuskan karyawannya selalu rapi? Anda dapat memilih bahan gabardine. Gabardine yang merupakan campuran dari bahan katun, linen, dan polyester ini, mempunyai permukaan yang licin dan gampang diatur.  Jika anda memakai model rok yang mempunyai lipit-lipit, lipit-lipit tersebut akan selalu tetap tidak berubah.

DRILL
Sesuai namanya, kain ini memiliki serat dengan garis-garis miring/nge-drill. Kain drill ini lebih lembut dan tahan kusut. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari dan blus. Untuk kain drill yang lebih tebal biasanya digunakan sebagai bahan korset dan bahan busana kerja atau seragam. Bahan jenis drill diantaranya kain drill merk taipan drill dan taipan tropical untuk produk jepang yang kualitasnya baik dan tebal. Adapula merk American Drill seperti Verlando dan Venosa yang harga nya lebih murah ketimbang Japan Drill.

Berdasarkan besar kecilnya serat, maka kain ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
Twill Drill (serat kecil)
American Drill (serat medium)
Japan Drill (serat besar). Komposisi bahan cotton lebih banyak dengan poliester yang lebih sedikit sehingga lebih nyaman dipakai.
Raphael (serat yang lebih besar daripada Japan Drill). Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut

No comments:

Post a Comment