Thursday, January 28, 2016

MERAWAT TAS SESUAI JENIS BAHANNYA

Selain Busana, tas sudah menjadi bagian fashion wanita. Selain memiliki banyak varian model, tas wanita juga memiliki berbagai jenis bahan. Bahan tas ini yang menentukan sifat bahan, daya tahan, dan harga. Anda dapat dengan mudah memilih tas dengan model dan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar koleksi tas anda dapat lebih awet, Anda harus selalu merawatnya. Tetapi perlu diingat bahwa setiap perawatan tas akan berbeda sesuai jenis bahannya. Dari berbagai sumber, berikut penulis rangkum cara merawat tas berdasarkan bahannya.


KULIT ASLI
Kulit adalah bahan paling lentur, awet, dan berkualitas untuk dijadikan tas. Perawatan tas kulit asli harus rutin dilakukan dengan cara mengelap permukaan kulit dengan kain lembut seperti kain microfiber (kain untuk membersihkan kaca mata). Setiap 3-4 bulan sekali  tas kulit disemir dengan cream khusus kulit dengan mnggunakan sikat berbulu halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tak merusak warna tas. Lalu, sikat perlahan ke arah atas sesuai tekstur kulit. Jika tas kulit Anda terkena kotoran atau noda, Anda dapat menggunakan alkohol atau juga baking soda untuk membantu pembersihannya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskan ke tas kulit. Tes terlebih dulu pada bagian tersembunyi untuk mengetahui apakah aman untuk tas Anda. Perlu diingat jangan menggunakan bahan pembersih yang berasal dari minyak bumi, silicon, dan juga minyak lainnya. Dasar dari minyak dapat mengurangi kualitas dari tas kulit itu sendiri.


KULIT SINTETIS
Kulit sintetis adalah bahan yang umum digunakan hampir semua produk replika atau produk lain mulai dari kursi mobil aksesoris mode. Kulit sintetis terbuat dari karet, pvc, plastik dan diproses untuk memperoleh sifat tekstur seperti kulit asli. Kulit sintetis jauh lebih murah dan lebih etis digunakan untuk menggantikan kulit asli. Orang biasa tidak dapat membedakan antara kulit asli dan kulit sintetis karena tingkat kesamaan 99% ketika diproses ke tas wanita. Kulit sintetis  dibedakan berdasarkan pola/motif kulit. Berikut contoh kulit imitasi:

PVC
Tas bahan PVC (polyvinyl chloride) adalah kulit sintetis yang bagian luarnya dilapisi bahan plastik, dimana  dengan proses produksi tertentu dicapai hasil akhir bahan kulit sintetis yang mengkilap. Jadi ada lapisan plastiknya yang diwarnai dengan bahan-bahan kmia tertentu sehingga menghasikan kilapan. Tas berbahan jenis  ini sangat tahan lama dalam cuaca apapun. Untuk perawatannya sangat mudah, cukup dilap dengan kain halus karena tas bahan ini mudah  dibersihkan dan tahan noda. Hindari tas anda dari suhu panas yang berlebihan, dan  terik sinar matahari langsung, Jika tas Anda menjadi basah, keringkan dengan kain yang lembut dan bersihkan secara perlahan.  Bila tas terkena noda dapat dibersihkankan menggunakan kain lap lembut yang sudah dibasahi dengan air yang ditetesi sedikit sabun untuk keperluan rumah tangga. Kemudian, bersihkan sisa sabun dengan menggunakan lap kering. Angin-anginkan tas tersebut sampai kering. Agar tas tetap mengilap, semprotkan sedikit silicone wax yang bisa anda dibeli di toko sepatu olahraga, atau anda dapat gunakan kain lembab dengan menggunakan krim kulit sebagai perawatan secara berkala. 


PU Leather
PU adalah singkatan untuk poliuretan. Kulit PU adalah salah satu bahan tas yang paling populer belakangan ini di dunia fashion karena dapat menyerupai kulit asli. Untuk merawat tas bahan ini jangan disimpan pada tempat yang lembab karena menyebabkan kulit cepat rapuh, dan secara berkala anda harus rajin membersihkan dan meng-angin-anginkan tas, mengolesi tipis wax (silicon wax) pada permukaan tas untuk mencegah permukaan tas menjadi retak atau terkelupas. Gunakan dustbag pada saat menyimpan.  Setelah dipakai untuk pergi bersihkan tas dengan lap microfiber untuk menghilangkan debu menempel pada tas.

TOGO, CAVIAR & LAMBSKIN
Bahan Caviar adalah kulit sintetis yang bila dilihat secara visual seperti sebuah caviar yang berserakan membuat sebuah tekstur pada permukaan kulit atau di Indonesia lebih dikenal dengan kulit jeruk. Ada dua jenis kulit sintetis lain menyerupai kulit jeruk, yang mirip dengan kulit jeruk yaitu Caviar dan Togo. Tas Bahan Togo pada umumnya tebal, contoh yang paling umum adalah tas Hermes birkin kw yang terbuat dari bahan togo,  dengan ketebalannya membuat tas kokoh berdiri.
Pada tas branded, ada yang memakainya buat bahan tas keseluruhan dan biasanya lentur dan ada yang hanya menggunakannya untuk lis/handle tasnya saja. Penggunaan bahan Caviar dan Lambskin banyak ditemukan pada tas Chanel. Bahan Lambskin merupakan sintetis yang sangat lembut dibandingkan bahan Caviar yang bertekstus bulatan-bulatan halus padat dan lebih kuat. Untuk mengilangkan noda jangan gunakan detergent, cukup campurkan baking soda dalam air kemudian gosok-gosokkan perlahan pada noda. Hindarkan terkena minyak wangi, karena tas jika sering terkena mintak wangi warnanya akan mudah memudar, selain itu hindarkan paparan matahari langsung terlalu lama.


Caviar & Lambskin

TAIGA
Bahan taiga adalah sebuah perkembangan dari kulit sintetis. Permukaan atau tekstur taiga sedikit kasar bergaris-garis silang sebagian lebih lembut dan sedikit mengkilat. Kelebihan tas bahan ini adalah Anda tidak perlu repot dalam merawatnya, karena sangat mudah dibersihkan. Tas bahan taiga kedap air, bila terkena noda bisa dibersihkan dengan mudah dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. Jangan menggunakan detergent, cukup campurkan baking soda dengan air, kemudian gosokan perlahan pada noda. Anda bisa juga mencoba membersihkan noda dengan menggunakan minyak kayu putih yang diteteskan pada tisu lalu diusapkan pada noda atau bahkan bisa hanya dengan menggunakan kain basah saja.
  
EMBOS
Bahan Embos adalah bahan yang bila dilihat pada jenis-jenis tas yang menggunakan bahan ini ada emboss atau muncul kepermukaan (bergelembung simetris) dengan corak-corak khusus menghasilkan tekstur yang sekaligus keindahan model tas itu sendiri. Pada tas branded, biasanya yang di gelembungkan/diemboskan berupa logo-logo branded. Tas kw yang menggunakan metode pembuatan dengan bahan emboss contohnya yang paling umum adalah tas aigner, ada banyak model tas aigner dengan bahan emboss, dimana logo eigner pemukaannya ditonjolkan, atau logo besar pada tas chanel, atau model-model tas bonia di pertengahan July 2015 tapi bahannya dasarnya glossy dan masih banyak lagi tas dari bahan emboss ini yang diikuti oleh para pembuat tas kw untuk pembuatan merek-merek lainnya.
Untuk tas bahan ini perlu perawatan khusus, karena tekstur permukaan tas yang tidak rata perlu upaya untuk menghilangkan noda dan menjaga agar tidak terjadi perubahan warna dalam permukaan yang timbul tersebut.



 PARASUT & NYLON
Perbedaannya kedua bahan ini  bias dilihat dari tingkat ketebalan dan kehalusannya. Bahan parasut ini lebih tipis contohnya seperti bahan tas longchap, sedangkan kalau nylon lebih tebal dan benang-benangnya lebih besar, mungkin sering kita lihat pada tali-tali gesper tas ransel, tali jam tangan, dan untuk tas branded bisa dilihat pada bahan beberapa tas merek Jimmy Choo.
Untuk menghilangkan kotoran dan noda pada tas dapat menggunakan kain basah dan sabun ringan dengan melapnya secara perlahan. Setelah kotoran telah terangkat, pastikan untuk melap kembali seluruh bagian tas dengan menggunakan lap kering untuk menghindari noda air pada kain. Jangan merendam tas kain anda dalam air karena akan menyusutkan lapisan dalam yang menyebabkannya mengerut. 

Denim (Jeans)
Bahan denim umumnya digunakan dalam pembuatan celana, seiring berkembangnya zaman kini digunakan juga dalam pembuatan tas denim yang keren dan trendi. Selain dari ketahanannya (awet), kelebihan dari tas berbahan jeans ini yaitu perawatan sangat mudah, cukup dibersihan dengan cara dicuci dengan tangan.



Polyster
Bahan ini pada umumnya tebal sehingga sering digunakan bagi yang menginginkan tas yang bersifat durable, tidak mudah kusut dan tahan lama. Kelebihan lainnya yaitu lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak melar, serta tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik. Namun, polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas, bahan mudah terbakar sama halnya dengan kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer. Untuk menjaga tas  polyester putih dari noda menguning, coba langkah-langkah berikut: Campurkan ½ cangkir deterjen pencuci piring yang lembut dan  air hangat ke dalam ember. Rendam bagian yang terkena noda dalam larutan. Cuci seperti biasa


Canvas
Bahan kanvas merupakan salah-satu jenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Bahannya sedikit kasar dan tebal serta kaku. Sedangkan bahan kanvas yang jauh lebih halus dan lebih lembut serta tidak kaku disebut baby canvas. Tas yang menggunakan bahan baby canvas akan terlihat lebih premium dibandingkan menggunakan kanvas lukis.
Tas berbahan kanvas sangat bagus dan fashionable. Kelebihan lainnya dari penggunaan bahan kanvas pada tas yaitu cukup kuat atau tahan lama, sehingga banyak diaplikasikan dengan bahan lain pada finishing produk tas. Dari kreasi tersebut telah menjadi favorit masyarakat pada saat ini. Untuk membersihkan noda pada tas bahan ini yang harus dilakukan pertama kali adalah memasukan kertas ke dalam bagian utama tas. Hal ini akan menjaga bentuk tas sementara Anda membersihkan bagian luar tas. Isi baskom dengan air dingin lalucelupkan kain lembut di dalam air dan peras. Pegang tas dengan sudut 45 derajat. Tutul – tutul seluruh sisi tas dengan kain basah. Jangan menggosok kanvas; sebaliknya, oleskan dengan lembut. Ini akan mengangkat beberapa dari kotoran terjebak. Tambahkan setetes sampo bayi pada kain. Gosok-gosok kain hingga membentuk busa, kemudian oleskan seluruh sisi lembab dari tas kanvas dengan busa tersebut. Bilas dan peras kain dengan baik. Jika perlu, gunakan air yang mengalir untuk menghilangkan sabun yang tersisa dari kain. Setelah kain bersih, tutul-tutul lagi bagian noda untuk menghapus sisa sampo yang tersisa. Letakkan tas dalam kondisi tegak. Biarkan hingga kering semalam atau selama kira-kira lima sampai enam jam. Setelah tas kering, keluarkan kertas-kertas yang terdapat dalam tas.



Blacu
Blacu pada dasarnya adalah turunan dari kain mori; yaitu kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kain batik. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan. Nah kain yang belum diputihkan tersebutlah yang juga disebut sebagai kain blacu. Bahan blacu yang sering dijumpai berwarna putih gading (broken white) dengan serat sedikit kasar. Kini kain blacu yang harganya relatif terjangkau banyak digunakan terutama untuk goody bag acara-acara seperti seminar atau ulang tahun. Untuk merawat tas berbahan kain blacu tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, yaitu: Hindari mencuci tas kain blacu dengan cara merendam. Cukup bersihkan dengan lap basah kemudian angin – anginkan hingga kering. Meski kuat, namun usahakan agar jangan mengisinya dengan beban yang terlalu berat karena dapat merusak bentuknya. Jangan dijemur di bawah terik matahari, cukup angin – anginkan saja. Jangan simpan di tempat yang lembab karena bahan kapasnya bisa menimbulkan jamur.



Corduroy
Corduroy adalah sejenis bahan textile yang terdiri dari serat-serat yang twisted, bersifat halus dengan tekstur yang bergaris-garis. Modern Corduroy atau corduroy modern pada umumnya terdiri dari berumbai tali, berbentuk bergerigi beludru. Bahan ini juga biasa dipakai untuk membuat baju, celana, jaket dan lain-lain. Ketika akan menghapus noda dari corduroy, yang dilakukan adalah menutul-nutul bagian noda dengan kain basah dan jangan menyikat. Ketika merawat bahan corduroy periksa dulu label untuk noda, karena menghilangkan noda bisa sulit, terutama pada  bahan warna gelap.

Anyaman Jerami, Rotan, Eceng Gondok
Tas-tas handmade yang terbuat dari jerami, rotan atau eceng gondok biasanya digunakan pada saat musim panas, untuk ke pantai, atau rekreasi lainnya. Sifatnya yang menyerap air menyebabkan tas-tas ini mudah rusak jika terkena air. Untuk membersihkan debu di sela-sela anyaman jerami, gunakan penyedot debu kecil (yang biasa digunakan untuk membersihkan sofa). Agar tampak mengilap, bisa gunakan cairan pembersih untuk sepatu kets. Caranya, gunakan lap bersih untuk mengulaskannya. Lalu, keringkan dengan cara digantung di tempat teduh. Hindari menjemur tas jerami di bawah sinar matahari langsung karena bisa mengerut.

SUEDE
Suede terbuat dari bahan kulit yang dibalik, diproses untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan halus. Sifat bahannya yang lembut membuat suede sering digunakan untuk bagian dalam tas wanita, meskipun itu dapat juga digunakan sebagai luar. Suede tidak memiliki lapisan pelindung alami dan sangat rentan terhadap kekotoran dan pewarnaan.
Merawat tas suede yang lembut cukup dengan menyikatnya dengan sikat lembut untuk menghindari bahan suede menjadi kaku dan tampak kusam. Tas suede jangan disimpan di tempat lembab agar tekstur kulitnya tak rusak. Untuk membersihkan bagian dalamnya, gunakan penyedot debu kecil untuk menjangkau debu di bagian tersembunyi. Lalu, bungkus tas dengan kertas tisu bebas asam dan masukkan ke dalam kotak dengan posisi rebah. Sesekali diangin-anginkan agar tak cepat berjamur.
Membersihkan noda tas bahan suede dapat dibedakan menjadi dua cara tergantung dari jenis nodanya. Jika tas suede terkena noda kering, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus pensil dengan karet kenyal. Sapukan penghapus pada bagian tas yang terkena noda.
Bila terkena noda yang basah, tempelkan handuk kecil pada bagian yang basah agar air terserap sampai kering, setelah itu baru Anda bisa menggunakan penghapus pensil. Untuk menghapus noda tinta dengan penghapus kering, cuka, atau penghapus kutex (cat kuku). Pastikan untuk menguji area kecil yang tersembunyi sebelum mencobanya ke seluruh permukaan tas. Ada cara lain yang layak dicoba, yaitu dengan menggunakan parfum. Semprotkan sedikit parfum pada bagian yang terkena noda, lalu gosok secara perlahan bagian tersebut. Untuk finishing, sikat bahan suede dengan menggunakan sikat khusus.


KAIN (SUTRA & SATEEN)
Tas kain dengan manik-manik, bebatuan, atau ornamen biasanya lebih sukar dibersihkan, apalagi bila terkena noda. Jangan bersihkan sendiri tas kain jenis ini karena bisa merusak warna dan ornamennya. Sebaiknya, kunjungi tukang tas yang bisa membersihkannya. Tapi, Anda tetap bisa merawatnya. Simpan tas dalam kantong khusus yang diberikan saat awal membelinya. Untuk menjaga bentuknya, isi tas dengan serpihan kertas atau tisu. Simpan pada posisi berdiri atau digantung bersama wadahnya.
Untuk menghilang noda gunakan air hangat dan sabun lembut pada kain bersih untuk menghilangkan noda yang paling umum. Jika ingin menggunakan bahan kimia penghilang noda, harap untuk benar-benar menguji secara hati-hati sebelum menggunakannya untuk menghindari variasi tidak terkendali sebagai reaksi material. Tas malam harus ditangani dengan perawatan khusus, dikarenakan terbuat oleh bahan yang halus dan hanya dapat dibersihkan dengan pencucian secara cuci kering (dry cleaning). Jangan merendam tas kain Anda dalam air karena akan menyusutkan lapisan dalam menyebabkan ia mengerut.Jika tidak, Anda bisa juga membersihkannya dengan air hangat dan sedikit detergent. Pastikan jangan mencucinya dengan cara disikat, cukup kucek sedikit sampai noda hilang.
Silk Clucth
Sateen

RANTAI
Tas dengan aplikasi rantai juga memerlukan perhatian khusus. Bersihkan rantai dengan cara membungkus rantai dengan kain flanel, masukan kain ke dalam rantai kemudian tarik. Lakukan berulang kali hingga rantai Anda kembali bersinar. Pastikan rantai tersebut disimpan di bagian dalam tas saat sedang tidak digunakan. Ini penting agar rantai tidak merusak bahan pada bagian luar tas.



6 comments:

  1. ingin kaos polos berkualitas? yuk kunjungi http://www.kaosyes.com menjual grosir kaos polos berbahan katun alami.

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing..
    Yuk segera !!!
    Sebelum kehabisan model2 yg lagi update

    CV Karya Bintang Abadi (Toko Tas Fandy)
    JL. mataram no 92 Yogyakarta
    banyak model yang bisa di pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    Berminat..?
    Kunjungi katalog kami di pabrik produksi tas

    NB : HATI2 DISINI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete
  3. makasih untuk info tentang perawatan tasnya! sangat bermanfaat!

    ReplyDelete